07 September 2021   08:04 WIB

Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila

Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila

Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila merupakan Ideologi Negara, dasar negara dan falsafah negara yang harus dipertahankan dan terus dihidupkan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apalagi dewasa ini pemahaman akan Nilai-Nilai Pancasila dan nasionalisme warga semakin menurun. Oleh karena itu penting dilakukannya Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila bagi elemen masyarakat, termasuk diantaranya para pemuda. 
Degradasi Nilai-Nilai Pancasila saat ini dapat kita lihat di masyarakat, contohnya  seringkali setelah selesai upacara, bendera tidak diturunkan sampai malam hari.  Atau,  sudah tahu  bendera sobek, namun tetap dikibarkan. Hal tersebut meskipun terkesan sepele tapi jika dibiarkan terjadi terus menerus tanpa teguran maka akan dianggap kewajaran. Padahal meskipun bentuknya hanya sehelai kain, bendera mengandung makna yang dalam karena perjuangan para pahlawan dahulu untuk mengibarkannya sangat tidak mudah.
Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blora sesuai dengan tugas pokok fungsinya melaksanakan kegiatan tersebut diatas sebagaimana dituangkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Pemkab Blora Tahun 2021 dalam program Pengutanan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan dengan kegiatan Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila.  Dengan harapan kegiatan ini dapat menjadi salah satu pemacu semangat warga masyarakat khususnya Para pemuda di Kabupaten Blora untuk aktif membangun pemahaman diri akan arti pentingnya memahami, menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan berrmasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Info